News Report

Kamis, 12 Mei 2016

Berpikir Positif, Langkah Awal Raih Kesuksesan

Berpikir Positif, Langkah Awal Raih Kesuksesan
Sudahkah anda berpikir positif? Berpikir pada hal-hal baik dan menyenangkan serta menutup pikiran akan hal yang tidak menyenangkan? Jawabannya pasti amat berbeda-beda, karena setiap orang mempunyai pemikirannya masing-masing.

Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukkan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif (membangun) bagi perkembangan pikiran manusia. Berpikir positif sering kali diartikan sebagai kemampuan untuk memfokuskan diri pada apa yang benar dan mengabaikan apa yang salah, dengan menutup mata pada hal-hal yang tidak menyenangkan serta menganggu.

Pada dasarnya berpikir positif bukan menuntut kita untuk menutup mata akan hal-hal yang tidak menyenangkan, akan tetapi dengan berpikir positif akan menimbulkan energi-energi positif dalam diri kita. Sehingga memunculkan semangat serta kekuatan kita dalam menghadapi realitas dengan penuh keyakinan dan keberanian sesulit apapun itu.

Berpikir positif dapat memberi kita kekuatan untuk menghadapi setiap situasi, serta memahami kekuatan dan kelemahan dari situasi tersebut, sehingga kita dapat mencari solusi yang terbaik dan akhirnya menerima dengan perasaan yang bahagia atas apa yang terjadi nantinya. Selain itu, berpikir positif memberikan kita keberanian untuk menghadapi setiap resiko kegagalan. Sehingga kita bisa bangkit dari kegagalan itu dengan kepercayaan diri yang lebih.

Meskipun bepikir positif memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan kita, tidak semua orang termotivasi untuk berpikir positif. Sebagian orang beranggapan bahwa berpikir positif tidak akan mengubah kehidupan mereka. Sehingga setiap harinya mereka akan lebih banyak mengeluh, bahkan cenderung tidak puas akan apa yang telah didapatnya saat ini. Seseorang yang berpikir negatif akan mudah untuk menyalahkan orang lain atas kegagalan yang telah menimpanya.

Apakah anda termasuk orang-orang yang suka berpikiran negatif? Jika jawabannya ia, anda dapat meyakinkan diri anda untuk bisa mengubah pola pikir anda ke arah yang lebih positif. Yakin pada diri sendiri merupakan langkah awal untuk dapat menjadi orang yang selalu berpikir positif serta meraih kesuksesan.

Pikiran positif akan terbentuk ketika kita yakin pada diri kita dan selalu optimis denga impian-impian yang ingin kita raih. Pada umumnya, orang yang optimis selalu fokus pada proses pencapaian sukses yang harus diselesaikan. Sedangkan orang yang pesimis, lebih fokus pada resiko kegagalan yang mungkin didapatkan serta hambatan-hambatan yang menghadang di tengah perjalanannya. Jadi, motivasilah diri kita agar selalu optimis. Sebab keyakinan itulah yang menjadi modal besar anda untuk mencapai sebuah kesuksesan. Ibarat seorang pengusaha, tanamlah saham yang sebesar-besarnya agar memperoleh untung yang besar pula.

Berikut beberapa tips untuk meraih kesuksesan:
- Tetapkan tujuan yang hendak dicapai
Menetapkan tujuan adalah hal yang urgen untuk dilakukan pertama kali dalam proses mencapai kesuksesan. Hal ini dilakukan agar kita dapat fokus terhadap apa yang hendak kita capai. Seperti mengisi hari-hari kita dengan rencana-rencana yang baik dan positif serta melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendekatkan kita pada tujuan yang ingin kita capai. Tak hanya itu, kita perlu untuk membentengi diri kita dari pikiran-pikiran yang negatif yang dapat menurunkan semangat kita dalam meraih kesuksesan kita sejak awal.

- Bersyukur dengan hasil yang kita dapatkan
Banyak orang-orang di sekeliling kita bahkan kita sendiri tidak bisa menerima hasil yang telah kita dapatkan. Kebiasaan yang tidak baik seperti ini harus segera dihilangkan. Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan berpikir ulang atas kegagalan yang kita terima, apakah yang kita lakukan sudah optimal? Hal ini dapat memicu kita untuk berusaha lebih baik lagi dan belajar dari kesalahan yang lalu untuk dapat meraih kesuksesan.

- Biasakan memberikan sugesti positif setiap harinya
Sugesti merupakan suatu kekuatan atau kemampuan mempengaruhi pikiran seseorang. Dengan memberikan sugesti positif setiap harinya, maka kebiasaan berpikir positif akan terbentuk di dalam diri kita. Dan lambat laun menjadi budaya positif yang akan memberikan manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Latihlah diri kita untuk berpikir positif setiap hari, dan biarkan pikiran positif itu mengantarkan kita kepada kesuksesan.

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University membuktikan bahwa kesuksesan seseorang 85% ditentukan oleh sikap dan sebanyak 15% ditentukan oleh keterampilan dan intelektualitas. Sikap itu sendiri dibentuk oleh pikiran. Dengan kata lain, 85% kesuksesan dan kegagalan ditentukan oleh kualitas pikiran. nah, apakah anda ingin meraih kesuksesan? Maka mulailah berpikir positif dari sekarang. Tidak ada kata terlambat dalam berbuat baik. (kia)

0 komentar:

Posting Komentar